Senin, 01 November 2010

SEJARAH SINGKAT KELURAHAN WONGKADITI BARAT

Pada tahun 1913 Radja AMAY dan anaknya beserta rombongan megadakan perjalanan jauh dari Pinogu (Suwawa) menuju Bulango (Tapa). Dalam perjalanannya Radja AMAY dan rombongan melewati beberapa tempat atau suatu perkampungan yang dihuni oleh sekelompok masyarakat. Karena menempuh perjalanan yang cukup jauh dan cukup melelahkan (Bilangango = bahasa Gorontalo), maka mereka beristrahat debeberapa tempat, tepatnya dekat sungai, yang kemudian oleh raja Amay dinamakan Sungai Mo'obangango.
Disaat keluarga kerajaan sedang beristrahat disuatu tempat dekat sungai, tiba-tiba anak raja Amay menangias. Untuk menenangkannya, anak itu dibuai dengan menggunakan selimut yang diikatkan dan digantung disalah satu dahan pohon (Lulunggela = bahasa Gorontalo). walaupun sudah dibuai dengan lulunggela, anak raja Amay itu tetap menangis. Karena masih tetap menangis, anak itu dibuai langsung oleh raja Amay dan  diiringi dengan syair dalam bahasa Gorontalo (Lohidu) yang antara lain syai ryang diucapkan adalah "WONGGA-WONGGA DITI" yang artinya "dibuai pelan sampai tertidur". Akhirnya anak raja itupun tertidur nyenyak dan tempat itu oleh Raja Amay dinamakan "WONGGADITI"
Pada tahun 1978 desa Wonggaditi dimekarkan menjadi 2 desa yaitu desa Wonggaditi sebagai desa induk dan desa Wonggaditi Barat sebagai desa mekaran. Pada tahun 1981 Desa Wonggaditi Barat berubah status  menjadi Kelurahan Wongkaditi Barat.
Nama-nama lurah yang pernah menjabat sebagai lurah di Kelurahan Wongkaditi Barat :
1. ACHMAD MUSTAPA         TAHUN 1981 - 1984
2. NICO ARSYAD                  TAHUN 1984 - 1989
3. SOEGIMIN                         TAHUN 1989 - 1994
4. HAMZAH USMAN             TAHUN 1994 - 1996
5. JATIM ARSYAD                 TAHUN 1996 - 2001
6. GANDI LUAWO                 TAHUN 2001 - 2002
7. RAMLAN IBRAHIM           TAHUN 2002 - 2004
8. WASNI DJAFAR                 TAHUN 2004 - sekarang

2 komentar:

wongkaditi barat mengatakan...

bagus ju ni blog. kembangkan terus ya....
kl ada info lain tolong di entry ya. aku tunggu lho....
trims buat yg bikin blog ini.
lebih bagus lagi kalo semua kelurahan punya blog masing-masing.
ok

Kelurahan Tapa mengatakan...

B KMNT SNDRI PO'. PURA2 ORG LAIN UAM..., PINTAR OLO USER WNGKDTI ENE EH...

Posting Komentar